An Impulsive Neophyte

Saturday, February 11, 2006

sedikit info

Assalammualaikum wr wb
Denger berita akhir2 ini tidak ttg cartoon Rasulullah SAW? memang terdengar menyedihkan.
Tapi yang lebih menyedihkan lagi sikap umat muslim yang bertindak anarkis. Memang mereka salah, tapi dengan bertindak anarkis dengan demo2 dan sebagainya makin membuat image muslim semakin jelek. Lalu bagaimana kita menyikapi perihal cartoon itu, mungkin salah satu kajian dibawah ini cocok buat kita. Bagaimana Rasulullah SAW mengajarkan bagaimana "memprotes"/menasihati yang benar. Mudah2an berguna
Wassalammualaikum wr wb

APAKAH DEMONSTRASI TERMASUK JALAN DAKWAH

Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
Pertanyaan.

Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Apakah demonstrasi yang dilakukan oleh kaum laki-laki dan wanita untuk menentang pemimpin bisa dianggap sebagai suatu jalan dakwah ? Dan apakah orang yang mati karenanya bisa dianggap syahid fii sabilillah ?

Jawaban

Demonstrasi yang dilakukan oleh kaum laki-laki dan wanita bukanlahlah jalan keluar. Bahkan saya beranggapan bahwa hal tersebut termasuk dari sebab-sebab musibah, kejelekan, kebencian manusia dan terjadinya permusuhan antar manusia yang tidak sesuai dengan kebenaran. Adapun cara-cara yang disyariatkan yakni : menulis surat, memberikan nasehat serta berdakwah kepada kebaikan dengan jalan yang telah ditetapkan syariat yang tentunya telah dijelaskan caranya oleh ahlul ilmi, para sahabat Rasullullah dan orang-orang yang mengikuti beliau dalam kebaikan yakni dengan menulis surat dan berhadapan langsung dengan pemimpin untuk memberikan nasehat tanpa menyebarkan perbuatan yang mereka lakukan di atas mimbar sehingga menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan, hanyalah Allah yang menjadi penolong.

[Majmu Fatawa Samahatusy Syaikh Abdul Aziz bin Baz 8/245]

3 Comments:

  • At Tuesday, February 14, 2006 5:12:00 PM, Anonymous Anonymous said…

    Bismillahirrohmanirrohim

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuhu...

    salam kenal buat san dan mas 3M...

    wah..mantabh sekali pembicaraan sahabat2 sekalian...
    apa yg di katakan oleh 'san' bener juga tuuh...orang islam ga boleh berdiam diri..(masa orang islam mau diem2an doank,hehehe) ya nggak bung tri yg rajin baca dan denger berita;).

    nahh gimana cara bergeraknya??benar juga yg di sampaikan oleh marta...setahu saya memang haditsnya sohih tentang itu.kan sama aja boong kalo hendak menegakkan kebenaran dengan cara yg munkar.

    dan nggak lupa,keren juga nehh dinda yg buatin blog;).

    tapi di balik itu semua, berapa banyak saudara-saudara kita yg tidak tau tentang ini dan akhirnya terbawa emosi trus berbuat anarkis???tanggung jawab siapa???beruntunglah orang2 yg berilmu dan menyampaikan ilmunya...amin.

    mungkin ntar bung tri,marta and San bisa coba kirim tulisan kekoran tuuh..jadikan bisa di baca banyak orang.Dan tulisannya ada dasarnya yg benar dan jelas, kan mantabh tuuh.

    semoga berawal dari blog yg kecil ini...(koq kecil?),bisa berkembang lagi jadi banyak hal hal besar yg bermanfaat.

    kalo ada salah2 kata mohon di maafkan...

    wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuhu

     
  • At Tuesday, February 14, 2006 8:40:00 PM, Blogger anginmerahjambu said…

    waalaikumsalam wr wb

    bang wanto masih saja bang wanto. salut!

     
  • At Thursday, February 16, 2006 9:51:00 PM, Blogger anginmerahjambu said…

    menanggapi pak tri, iya bener tulisan SBY di herald tribune emang mantap. sy rasa SBY atau yg nyiapin speech2 dia emang mumpuni banget, cakep deh bahasanya (merujuk pada speech dia pas lagi ke SIN, acara ISEAS). Ya gak jib?

     

Post a Comment

<< Home